• SMP NEGERI 1 NGORO
  • Masa depan yang baik, dimulai dari sekolah ini

PEMANFAATAN WHITEBOARD ANIMATION DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MASA PANDEMI COVID-19

Dampak Pandemi Covid-19 pada sektor pendidikan sangatlah besar. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mau tidak mau harus dilakukan demi menekan penularan virus corona. Kendati demikian, banyak yang menilai bahwa PJJ atau BDR (Belajar Dari Rumah) kurang efektif dibandingka Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Lalu, bagaimana situasi Pembelajaran Jarak Jauh sekarang? Penuturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim dalam CNBC Indonesia Economic Update pada Senin (19/7/2021). Tantangan yang kita hadapi sangat besar, di periode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) harus serentak melakukan adaptasi, begitu juga murid dan orang tua. Jadi tantangannya besar dan banyak sekali. Beberapa faktor yang dihadapi dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diantaranya yaitu koneksi internet, ketersediaan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) dan masih banyak lainnya.

Dengan situasi seperti ini guru diwajibkan harus se kreatif mungkin dalam PJJ. Keterlibatan sekolah, guru dan orang tua sangat berperan penting bagi peserta didik. Contohnya dalam pembelajaran IPA, peserta didik harus paham betul tentang materi saintifik yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pelatihan yang diadakan oleh P4TK, saya membagikan ilmu yang diperoleh tentang Whiteboard Animation. Berikut ini sekilas informasi tentang pemanfaatan whiteboard animation dalam pembelajaran IPA.

 

Apa itu Whiteboard Animation? Sebelum mengenal whiteboard animation, saya jelaskan terlebih dahulu tentang Animasi, Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah 'gerakan'. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi. Jenis-jenis animasi:

  1. AnimasiTradisional Dikenal juga dengan istilah cel animation, animasi tradisional boleh dikatakan merupakan jenis animasi generasi awal, dimulai pada awal abad 20. Para animator harus menggambar setiap frame sehingga menghasilkan sebuah Contoh animasi dengan teknik ini yaitu Pinocchio (1940) dan Animal Farm (United Kingdom, 1954).
  2. Animasi 2D adalah penciptaan gambar bergerak dalam lingkungan dua dimensi. Hal ini dilakukan dengan urutan gambar berturut-turut, atau “frame”, yang mensimulasikan gerak oleh setiap gambar menunjukkan berikutnya dalam perkembangan bertahap langkah-langkah. Ada 2 tipe dari 2D animation yaitu Cel animasi dan Path animasi, Contoh animasi jenis ini adalah film kartun seperti Tom and Jerry, Mickey Mouse dan Detectif Conan.
  3. Animasi 3D menggunakan software dalam proses pembuatan seperti Maya dan Cinema 4D, animasi 3D juga sering disebut CGI (computer-generated imagery). Pada saat proses pembuatan, para animator juga harus memikirkan detil setiap gerakkan hingga ekspresi wajahnya agar terlihat natural dan nyata. Contohnya kartun Nussa dan Rara.
  4. Motion Graphic sendiri banyak dipergunakan untuk menjelaskan hal yang kompleks sehingga mudah dipahami, seperti video tutorial, video iklan hingga lyric

Whiteboard Animation adalah sebuah media animasi menggambar berbasis komputer yang isinya menuangkan ide-ide pembelajaran atau informasi yang dapat menarik perhatian peserta didik sebagai penerima pesan. Proses pembuatan animasi whiteboard dapat menggunakan berbagai macam aplikasi antara lain: powtoon, videoscribe sparkol, animaker, sketch pro dan lain-lain. Proses pembuatannya di mana seorang penulis secara fisik menggambar dan merekam cerita bergambar menggunakan papan tulis atau menggunakan permukaan spidol. Animasi dapat dibantu dengan menggunakan narasi. Para pembuat animasi umumnya menggunakan animasi stop motion untuk menghidupkan ilustrasi yang digambar dengan tangan.

Pembuatan whiteboard animasi untuk pembelajaran memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Guru lebih mudah dalam menyampaikan materi-materi pembelajaran dengan cara yang lebih menarik.
  2. Menghindari guru dari metode ceramah dalam penyampaian
  3. Dapat memfasilitasi berbagai jenis cara belajar
  4. Peserta didik akan lebih antusias mengikuti pembelajaran dengan penyajian video animasi.
  5. Bagian penting dari antusiasme peserta didik adalah guru akan lebih mudah mengajak peserta didik terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang
  6. Video yang telah dibuat oleh guru dapat diunggah ke youtube, sehingga guru-guru dapat saling berbagi karya video animasi

Powtoon adalah sebuah website yang memungkinkan pengguna membuat sebuah presentasi whiteboard animasi dengan menggunakan bank elemen yang telah disediakan dalam bentuk audio,video, animasi, musik latar, dan alat peraga.

Di dalam setiap media pembelajaran pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan, adapun kekurangan dan kelebihan media pembelajaran Powtoon sebagai jenis media pembelajaran Audio-visual yakni Kekurangannya  seperti Ketergantungan pada ketersedian dukungan sarana teknologi, Harus disesuaikan dengan sistem dan kondisi yang ada, Mengurangi kreativitas dan invasi dari jenis media pembelajaran lainnya, Membutuhkan dukungan SDM yang prefesional untuk mengoprasikannya. Sedangkan kelebihannya meliputi  interaktif, mencakup segala aspek indera, penggunannya praktis, kolaboratif, dapat digunakan dalam kelompok besar, lebih variatif, dapat memberikan feedback dan memotivasi.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
BERSAMA KODIM 0815 MOJOKERTO, SMPN 1 NGORO MELAKSANAKAN VAKSINASI SINOVAC

Memasuki pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas pekan ketiga, SMPN 1 Ngoro yang bekerja sama dengan Kodim 0815 Mojokerto dan Puskesmas Kecamatan Ngoro berupaya mengakselera

23/09/2021 07:49 WIB - Administrator
UPACARA PERINGATAN HUT RI KE-76 SECARA VIRTUAL DI SMPN 1 NGORO KABUPATEN MOJOKERTO

Memperingati HUT RI Ke-76 SMPN 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto berinisiatif menyelenggarakan upacara bendera secara virtual, dengan tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. K

07/09/2021 08:34 WIB - Administrator
ANTUSIAS SISWA MENYAMBUT HARI PERTAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) SECARA TERBATAS DI SMPN 1 NGORO KABUPATEN MOJOKERTO

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas di SMPN 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto pada masa pandemi covid-19 berlangsung dengan baik. Hari pertama masuk sekolah dimulai Rabu, 1 Septemb

02/09/2021 10:18 WIB - Administrator
KEGIATAN KELAS 8 DAN KELAS 9 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

KEGIATAN KELAS 8 DAN KELAS 9 TAHUN PELAJARAN 2021/2022   Senin, 12 Juli 2021  memastikan semua siswa melakukan regristrasi di grup kelas masing-masing dengan memastikan sudah

11/07/2021 09:56 WIB - Administrator
PEMBAGIAN KELAS VIII dan IX TAHUN PELAJARAN 2021/2020

Berdasarkan pemberitahuan dan himbauan diatas, maka pembagian daftar nama peserta didik tahun pelajaran 2020/2021 kelas VIII dan IX terlampir sesuai daftar di bawah ini dan jika sudah

10/07/2020 14:19 WIB - Administrator